5 Olahraga Untuk Mengencangkan Betis Dan Menjaga Kesehatan Badan

Punya bentuk kaki yang indah dan jenjang merupakan impian dari setiap wanita. Tentu kamu juga mendambakannya, bukan? Sebab, tampilan kaki yang demikian bakal membuatmu semakin percaya diri, apalagi ketika harus memakai baju atau dress yang memperlihatkan area kaki. Tapi, jangan membiarkan itu hanya ada di angan-anganmu. Segera wujudkan dengan melakukan berbagai jenis olahraga untuk mengencangkan betis berikut!

Olahraga Untuk Membuat Betis Lebih Kencang

Bagi sebagian orang, terutama kaum hawa, mempunyai betis yang terlalu besar bisa membuat mereka minder. Sebab, kondisi tersebut dapat mengganggu penampilan. Selain itu, bakal menyulitkan mereka dalam memilih celana atau baju yang ukurannya pas.

Nggak cuma soal penampilan, sih, hal itu juga dapat menyebabkan mereka kurang nyaman saat beraktivitas. Apalagi jika dari seluruh tubuh, hanya betis aja yang ukurannya berbeda dan membuat tubuhmu terlihat tidak proporsional. Duh, terus, gimana cara ngatasinnya? Simak beberapa olahraga yang bisa dicoba untuk membentuk betis agar lebih indah dan kencang di bawah ini:

1. Lari

Olahraga ini dinilai sangat efektif untuk mengencangkan betis. Sebab, ketika kamu melakukannya, bagian tubuh yang paling banyak bergerak ialah kaki. Nah, di saat itulah proses pembakaran lemak terjadi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus menerapkan olahraga lari secara rutin, setidaknya seminggu sekali. Atau jika punya banyak waktu luang, jogging-lah setiap hari dengan durasi minimal 30 menit. Selain bermanfaat untuk membentuk betis, lari secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan jantung serta menghilangkan stress.

2. Lompat Tali

Siapa dulu yang suka main lompat tali sehabis pulang sekolah? Bahkan, sampai diomelin Mama karena nggak buru-buru pulang saking serunya. Nah, permainan favoritmu semasa kecil ini bisa jadi metode yang ampuh buat mengencangkan betis, loh!

Ketika kamu lompat tali, gerakan tubuh bakal bertumpu pada kaki, khususnya betis. Hal tersebut membuat otot betis cepat terbentuk dan terlihat kencang karena lemak yang terdapat pada betis terbakar.

Supaya mendapatkan hasil yang optimal, lakukan lompat tali selama 3-5 menit per hari. Tingkatkan durasinya sesuai kemampuanmu!

3. Bersepeda

Kegiatan ini nggak cuma menyenangkan dan dapat menjadi alternatif buat menghilangkan stress, tapi juga mampu membentuk betismu jadi lebih kencang. Loh, bukannya bersepeda justru bikin betis jadi lebih besar, ya?

Itu hanya mitos. Bersepeda nggak membuat betismu jadi besar, namun bisa menjadikan otot-otot kakimu lebih kencang. Agar nggak gampang capek, cobalah untuk bersepeda melalui tempat-tempat menarik yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggalmu. Kan kalo sambil ngeliat pemandangan, lelah yang kamu rasakan bakal sirna, tuh!

4. Squat

Gerakan ini mudah banget dilakukan, tapi manfaat yang diberikan nggak kaleng-kaleng, loh! Kalo kamu lagi concern buat membentuk betis supaya jadi lebih indah dan kencang, olahraga ini sangat disarankan. Tapi, sebelum memulainya, jangan lupa melakukan pemanasan terlebih dulu supaya kamu terhindar dari cedera.

5. Wall Sit

Olahraga untuk mengencangkan betis berikutnya adalah wall sit. Sama dengan squat, gerakan ini terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu menyandarkan tubuh di dinding, lalu memosisikan tubuh seperti sedang duduk.

Ketika melakukannya, tubuh bagian bawahmu bakal menyangga berat badan, sehingga bisa melatih otot betis menjadi lebih kuat. Kalo kamu tergolong pemula, lakukan gerakan wall sit sesuai kemampuan dan tingkatkan pelan-pelan.

Kamu juga dapat menambahkan durasnya 10 detik lebih lama tiap kali terbiasa dengan durasi sebelumnya. Asal, jangan terlalu memaksakan diri, ya, saat menerapkannya. Bukannya ngedapetin bentuk betis yang lebih indah, kamu malah beresiko mengalami cedera.

Rutin berolahraga memang bisa melindungi bentuk tubuhmu secara keseluruhan. Namun, olahraga untuk mengencangkan betis di atas dinilai efektif dan lebih cepat dalam membakar lemak di area kaki, khususnya betis. Kamu yang bermimpi pengen punya betis indah nan kencang wajib menerapkannya, nih!